Minggu, 13 Januari 2013

Cerita Bijak dari Negeri Cina



Surel
CetakPDF
Sejak dahulu dongeng diakui sebagai salah satu media yang tepat untuk menyampaikan pesan moral. Dongeng yang membawa nilai-nilai kebaikkan dan pesan moral, seperti keteladanan, hati nurani, dan budi pekerti memang tepat disampaikan kepada anak-anak. Jadi sebaiknya jangan terlambat menceritakan dongeng pada anak. Selain untuk menumbuhkan rasa ingin tahu, juga untuk mengasah daya imajinasi.
Berikut contoh sepenggal cerita berjudul Anak Ajaib yang diambil dari 33 Cerita Bijak dari Negeri Cina. Dongeng ini tidak saja tepat dibaca anak, tapi juga memberikan pesan yang kuat untuk orangtua agar sigap mengasah bakat anak.

Seorang anak petani bernama Fengying terlahir pintar dan memiliki bakat menulis apa saja yang diminta orang. Berkat keahliannya ini, Fengying mendapat pujian dan penghargaan berupa uang dari orang desa.

Orangtua Fengying merasa puas dengan kepintaran anaknya hingga ia merasa tak perlu menyekolahkan anaknya. Ia hanya sibuk membawa Fengying ke sana-sini. Lama-kelamaan penduduk desa bosan membaca tulisan-tulisan Fengying. Bahkan, tak seorang pun sudi memberi Fengying uang.

Orangtua  Fengying menyesal dan sadar perkataan seseorang yang pernah ia dengar, bahwa bakat akan sia-sia jika tidak diasah dengan rajin menuntut ilmu.

Buku yang ditulis oleh Maruli Pardamean dan Roslina Ngadiman disampaikan dalam bentuk cerita pendek, hingga mudah dicerna. Banyak cerita bijak yang bisa kita jumpai, sekaligus ilustrasi yang indah dan menawan.

Di setiap akhir cerita, pembaca akan berjumpa kata-kata mutiara yang kaya pesan dan inspiratif. Misalnya, “Jangan suka menunda pekerjaan”, “Jujur adalah perbuatan yang terpuji”, “Jangan mudah dihasut”, dan lain sebagainya.

Nilai-nilai luhur sebaiknya dikenalkan sejak dini kepada anak-anak. Nilai-nilai yang dimaksud berkait pesan moral dan kebijaksanaan. Orangtua bisa menyampaikan melalui dongeng dan cerita bijak. Salah satu contoh, Anda bisa menceritakan kisah bijak dan penuh pesan moral dari Negeri Tirai Bambu.

Buku terbitan Transmedia ini efektif sebagai metode pembelajaran bagi putra-putri Anda. Selamat mendongeng dan mendidik buah hati Anda. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar